Maya Hirai’s Page

lets fold!

E-mail dari Aceh

Ketika saya sedang ambil waktu cuti dari bermail-ria baik ke milis maupun japri, termasuk E-mail dari Aceh ini yang terpending dari respon, Maafkan saya ya ..

Aceh, 30 September 2005

Dear mbak Maya
Saya Allina, biasa dipanggil Alin. seorang istri berumur 25 tahun, baru menikah dan belum memiliki keturunan. Saya berminat dengan kegiatan yang berkaitan dengan seni dan budaya. Suami saya Reza bekerja di NGO lokal Save Emergency For Aceh (SEFA) sudah sejak tahun 1999. Lembaga ini bergerak di bidang kemanusiaan, yang berdomisili di Banda Aceh.
Salah satu program SEFA adalah di bidang pendidikan bagi anak-anak yang terkena tsunami dan dampaknya.Sayapun turut serta di bidang pendidikan, sebagai ketua sanggar anak SEFA yang sedang dalam proses pembuatan sanggar seni, meliputi seni lukis, seni tari, seni suara, seni musik dan seni teater. Setelah membaca di internet tentang sanggar-Origami yang mbak Maya geluti saya sangat tertarik dengan kegiatan tersebut, salah satu alasannya karena sifatnya unik.
Saya berkeinginan origami juga menjadi salah satu kegiatan sanggar kami. Saya sangat bahagia bila bisa Sharing idea dengan mbak Maya?… Saya tertarik dengan seni melipat Origami untuk anak-anak, namun disini kami hanya bisa membuat yang sudah lazim, seperti kapal-kapalan dan pesawat. Karena itu saya ingin menanyakan kepada mbak, bagaimanakah cara agar bisa mempelajari origami?. Saya berpikir mungkin ada CD nya atau mbak tahu bagaimana cara memiliki CD tsb?. Atau mungkin ada cara lain untuk mempelajarinya, maklum mbak, karena orang Jepang Jarang kemari jadi kami tidak punya kesempatan banyak untuk belajar origami dengan mereka. Bila berupa buku, menurut saya rasanya agak sulit dan rumit.

Satu lagi mbak… kalau ada buletin tentang sanggar-origami atau berita yang berkaitan dengan origami saya juga ingin memilikinya karena itu sudilah kiranya mbak Maya memberikan infonya.

Sekian dulu surat saya… saya berharap balasan dan saran yang konstuktif dari mbak Maya. Semoga sanggar yang mbak pimpin terus maju dan maju terus selalu. Amin.

Salam kenal dari saya di Banda Aceh
Allina

Berikut balasan dari saya:

Halo mbak Allina,

Pertama-tama saya mohon maaf atas keterlambatan respon mail dari saya ini, tentu selama ini sudah sangat menanti balasan dari kami ya… Beberapa pekan terakhir ini secara kebetulan saya tidak mampu online dengan baik, sehingga yang terbengkalai bukan saja mail mbak Allin namun juga milis Origami Indonesia yang saya bentuk dan lain-lainnya.

Semoga kehadiran mail ini dapat membayar penantian selama ini.

Senang sekali menerima mail berisi kabar dan perkenalan ini, karena demikian pula rencana kedepan saya, yaitu bertemu dengan banyak orang yang memiliki minat yang sama terhadap Origami dimana, kapan dan siapapun baik anak2 atau orang dewasa.

Untuk lebih fokusnya, izinkan saya merespon langsung pada apa yang disampaikan mbak Allin pada mail berikut ya..

Saya Allina, biasa dipanggil Alin. seorang istri berumur 25 tahun, baru menikah
dan belum memiliki keturunan. Saya berminat dengan kegiatan yang berkaitan
dengan seni dan budaya. Suami saya Reza bekerja di NGO lokal Save Emergency For Aceh (SEFA) sudah sejak tahun 1999. Lembaga ini bergerak di bidang kemanusiaan, yang berdomisili di Banda Aceh.
Salah satu program SEFA adalah di bidang pendidikan bagi anak-anak yang terkena
tsunami dan dampaknya.Sayapun turut serta di bidang pendidikan, sebagai ketua
sanggar anak SEFA yang sedang dalam proses pembuatan sanggar seni, meliputi seni
lukis, seni tari, seni suara, seni musik dan seni teater. Setelah membaca di
internet tentang sanggar-Origami yang mbak Maya geluti saya sangat tertarik
dengan kegiatan tersebut, salah satu alasannya karena sifatnya unik.
>>>InsyaAllah memang visi Sanggar Origami yang coba kami kembangkan pun
adalah bergerak di wilayah pendidikan seni melipat untuk anak khususnya. Dan
insyaAllah Sanggar Origami pun rencananya melakukan pengembangan dan membangun
komunitas Origami ini mencakup se-nusantara melalui kerjasama dengan instansi
terkait baik bidang pendidikan dan atau pelayanan/pembinaan masyarakat atau
sekedar hobi.

Saya berkeinginan origami juga menjadi salah satu kegiatan sanggar kami. Saya sangat bahagia bila bisa Sharing idea dengan mbak Maya?… Saya tertarik dengan seni melipat Origami untuk anak-anak, namun disini kami hanya bisa membuat yang sudah lazim, seperti kapal-kapalan dan pesawat. Karena itu saya ingin menanyakan kepada mbak, bagaimanakah cara agar bisa mempelajari origami?.
>>>Sementara ini, mungkin saya hanya dapat membantu lewat pertemuan online baik via e-mail di milis atau japri begini, atau melalui link blog saya berikut : http://foldy.blogspot.com
Dalam blog tersebut saya telah fasilitasi dg hal2 yang mendukung kemudahan komuniasi dg saya khususnya, informasi ttg Origami dan bagaimana mempelajarinya serta referensi website origamer dunia yang dapat menunjang pemahaman kita terhadap Origami itu sendiri.

Saya berpikir mungkin ada CD nya atau mbak tahu bagaimana cara memiliki CD tsb?.
>>>Tentang CD ini saya belum bisa membantu, namun Sanggar pun merencanakan untuk memproduksi bila segala sesuatunya telah lengkap kami siapkan. Sampai saat ini dapat dikata persiapan ke arah produksi CD ini telah melangkah 40%.Mohon doa restunya saja semoga dapat segera terlaksana.

Atau mungkin ada cara lain untuk mempelajarinya, maklum mbak, karena orang Jepang Jarang kemari jadi kami tidak punya kesempatan banyak untuk belajar origami dengan mereka.
>>>Tenang mbak Alin, jangan kecil hati dulu, semoga pertemuan dengan saya sedikitnya dapat mewakili harapan bertemu dengan ‘orang jepang’ itu karena saya berkesempatan berinteraksi langsung dg mereka. Anggap saja saya yang mewakili😉

Bila berupa buku, menurut saya rasanya agak sulit dan rumit.
>>>Justru lewat bukulah lambat atau cepat kita dapat mandiri dan mahir berorigami, dengan catatan: mengetahui kuncinya.. Nah lho.. Karena kebanyakan para origamerpun beranjak dari memahami diagram dalam buku dan kemudian berkreatifitas menciptakan banyak Origami yang original dari hasil daya ciptanya.

Satu lagi mbak… kalau ada buletin tentang sanggar-origami atau berita yang berkaitan dengan origami saya juga ingin memilikinya karena itu sudilah kiranya mbak Maya memberikan infonya. >>>hehehe… maaf lagi, karena kami masih di Jepang ini maka banyak rencana masih tertangguhkan termasuk Buletin yang akan Sanggar Origami terbitkan untuk para membernya diseluruh nusantara. Lagi-lagi tunggu ya..!
Sementara ini, terus berhubungan dengan kami (sanggar origami) atau bergabung di milis origami indonesia yang saya buka juga, atau mengunjungi blog saya tersebut. Silahkan pilih mana suka.

Sekian dulu surat saya… saya berharap balasan dan saran yang konstuktif dari mbak Maya. Semoga sanggar yang mbak pimpin terus maju dan maju terus selalu. Amin.
>>>Terimakasih harapan dan doanya, itu sangat berarti untuk kami..

Salam kenal dari saya di Banda Aceh
Allina
>>>Salam pula dari kami di Jepang
Selamat berjuang saudaraku di Aceh
Tetap Semangat!
Maya

October 10, 2005 - Posted by | Origami & Tutorial

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: