Maya Hirai’s Page

lets fold!

Perantauan seorang Ruh

Akhir Maret 2002 saya dan 4 anak sampai di Jepang. Tidak lain adalah karena Allah menentukan jaminan rizki perut-perut kami Allah SWT turunkan di negeri sejuta gempa ini.

Ketika masih di tanah air saya pernah katakan entah pada siapa bahwa keimanan yang teruji itu kualitasnya lebih baik, demikian pula para muslim yang berada dan hidup di negeri yang tidak kondusif menjalankan nilai-nilai Islam. Ternyata saya mengalaminya! padahal tiada pernah menyangka akan jalan dan menginjakkan kaki ke bumi Allah lain selain di tanah air khususnya Bandung dan sekitarnya.

Sungguh.., bila bukan karena ‘ada’ cahaya Allah SWT melalui da’wah Islam yang di usung saudara muslim (yang telah bersama merapatkan barisan) di Jepang ini entah apa jadinya ghiroh Islam muslimin di perantauan ini.

Sungguh.. kami telah jatuh bangun mempertahankan kesholihan ma’nawiyah diri dan keluarga serta lingkungan yang kami tempati. Bayangkan saja… ketika suara adzan yang senantiasa terdengar di telinga kemudian menghilang blas dalam jangka waktu lama… Ternyata adalah karunia besar ketika telinga ini akrab dengan adzan yang bersautan. Syukurnya teknologi dapat menggantikan kehilangan alunan adzan itu melalui komputer-komputer kami.

Sungguh.. kami selalu merasa keislaman kami tertinggal jauh dari saudara muslim di tanah air yang senantiasa bermandikan siraman ruhani. Lagi-lagi da’wah Islam yang dihidupkan terus oleh saudara muslim disini telah sangat memompa semangat ma’nawiyah kami. Media virtual betul-betul telah menjadi jembatan perekat silaturahiim dan ukhuwah islamiyah muslim rantau ini. Banyak sekali yang telah dilakukan para prajurit-prajurit da’wah itu dalam menghidupkan syiar Islam dilingkungan minoritas ini, diantaranya adalah radio tarbiyah dengan syi’arnya, forum kajian muslim/muslimah di tiap kota yang dikelola dengan konsisten hingga dapat rutin mendatangkan para ustadz dari tanah air secara bergantian… Binar muslim/muslimah disini selalu tampak luar biasa menyambut hadirnya para ustadz yang bergantian datang, termasuk terhadap pelaksanaan kajian keislamannya itu. Alhamdulillah kami jadi selalu seperti kehausan akan siraman rohani, semoga setelah kembali ke tanah air kehausan ini tetap terjaga.. karena fitrah insaniyah bila senantiasa merindukan Rabbnya.

Oleh karena itu… Ketika rencana kembali ke tanah air itu telah nampak tak dapat dielakan pula terbesit rasa senang karena akan kembali pada habitat yang sesungguhnya..^-^ dimana ruh-ruh ini kami harapkan dapat hidup lebih sehat dan lebih indah melihat dunia… hehe.. manusia-manusia.. keinginannya bagai cuaca yang mudah berubah-ubah.

Sesungguhnya, pada medan perjuanganlah seseorang diuji Iman-Islamnya… dimanapun!

November 16, 2005 - Posted by | Day by Day

1 Comment »

  1. EFF launches Bloggers Rights fundraiser
    EFF has launched a Bloggers’ Rights fundraising campaign. Bloggers are asked to put a badge on their sidebars encouraging people to sign up for EFF, and in return bloggers get premiums like tees and hats.
    Find out how to buy and sell anything, like things related to instant road repair on interest free credit and pay back whenever you want! Exchange FREE ads on any topic, like instant road repair!

    Comment by Anonymous | November 17, 2005 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: