Maya Hirai’s Page

lets fold!

Tentang “Sanggar Origami Indonesia”

Sanggar Origami Indonesia adalah satu lembaga di bawah Yayasan Origami Indonesia untuk mengajarkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan, origami kepada masyarakat di Indonesia.

Visi
Menjadi wahana pengajaran dan pengembangan Origami di Indonesia serta menjadi tempat bertemu para pelipat kertas di Indonesia

Misi
1. Memasyarakatkan origami atau seni melipat kertas dari Jepang sebagai bagian dari pembangunan kreatifitas dan kebudayaan.
2. Menjadikan origami sebagai alternatif kegiatan keluarga dan masyarakat khususnya anak-anak untuk bermain sambil berkreasi dan berkarya.
3. Melatih dan mengajarkan origami sebagai alternatif bermain yang murah dan terjangkau bagi anak-anak Indonesia.
4. Meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni dan budaya khususnya seni melipat kertas.
5. Memberikan sarana untuk bertemu dan berkarya bersama bagi para pelipat kertas, peminat dan pecinta origami di Indonesia.

Aktifitas
Sanggar Origami Indonesia telah melakukan aktifitasnya sejak tahun 2004, diawali dengan pembukaan mailing-list yang beralamat di origami_indonesia@yahoogroups.com. Hingga kini, beberapa aktifitas terus berkembang yang beberapa diantaranya telah berjalan atau sedang dirancang yang meliputi hal-hal sebagai berikut:
1. Kursus
Melakukan dan melayani berbagai paket kursus baik kelompok maupun perorangan sesuai dengan tempat, jadwal dan kesepakatan.
2. Pameran
Mengadakan rangkaian pameran origami baik tunggal maupun pameran bersama dari para anggota maupun masyarakat umum.
3. Workshop
Mengadakan pelatihan-pelatihan atau workshop origami dalam event-event tertentu yang sesuai.
4. Website
Membangun situs di Internet yang saat ini beralamat di http://www.sanggar-origami.com, dan telah mengudara sejak Januari 2005.
5. Mailing-List
Membangun media komunikasi online lewat mailing-list sebagai langkah awal yang hingga per-April 2006 ini telah memiliki anggota sekitar 180 orang.
6. Temu Bulanan
Mengadakan pertemuan bulanan bagi para pelipat kertas di untuk masing-masing kota.
7. Perpustakaan
Menyediakan dan membangun perpustakaan origami dan segala yang terkait.
8. Galeri
Membangun galeri untuk menyimpan karya-karya origami.
9. Buletin
Menyiapkan dan menerbitkan buletin cetak bagi para anggota sebagai media informasi dan komunikasi.

Profil Pendiri
Sanggar Origami Indonesia didirikan oleh Fajar Ismayanti bersama suaminya Bambang S. Budi. Sanggar ini telah didirikan sejak Juni 2004 ketika keduanya masih sama-sama tinggal di Jepang.

Maya Fajar

Mojang priangan ini mempelajari origami secara khusus di Jepang di bawah asuhan Hirai sensei sejak awal tahun 2003 hingga akhir Desember 2005. Sejak tahun 2004 telah menjadi anggota dan mendapatkan sertikat sebagai instruktur origami berkualifikasi dari NOA (Nippon Origami Association), sebuah asosiasi para pelipat kertas di Jepang dengan anggota dari berbagai negara. Selama di Jepang, mengajar origami di sebuah Sekolah Dasar (SD) di kota Toyohashi, dan beberapa kali menjadi instruktur origami untuk mahasiswa asing di Toyohashi University of Technology, Jepang. Saat ini menjadi Direktur Sanggar Origami Indonesia yang berkedudukan di Bandung Jawa Barat. Harapannya kini ingin mengajarkan origami pada banyak orang dan anak-anak di Indonesia, sehingga menjadi alternatif sarana berkreasi, berkarya dan bermain bagi mereka.

Bambang S. Budi

Arsitek, sejarawan arsitektur dan pemikir tata kota ini mencintai semua jenis dan cabang seni sejak kecil. Tidak secara khusus mempelajari origami namun beberapa kali mengikuti kelas origami di Jepang. Origami yang disukai adalah jenis modular dan geometrik, namun lebih senang mengamati, membaca sejarah dan perkembangan origami baik di luar maupun di dalam negeri. Kini sebagai pendiri Yayasan Origami Indonesia dan dosen di Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Departemen Arsitektur ITB.

May 4, 2006 - Posted by | Origami & Tutorial

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: