Maya Hirai’s Page

lets fold!

Pameran dan Workshop Sanggar Origami 2006

Atas Rahmat Allah SWT serta dukungan dari banyak pihak, alhamdulillah Sanggar Origami Indonesia telah melaksanakan ‘hajat’ pertamanya di tanah air. Bersama Peer Kecil sebagai salah satu suplemen Koran Pikiran Rakyat Bandung dan Sanggar Putri sebagai klab kreasi anak Bandung, Sanggar Origami Indonesia berkolaborasi dalam penyelenggaraan Pameran dan Workshop Origami perdananya ini.

Saya atas nama Sanggar Origami Indonesia, menghaturkan terimakasih tak terkira kepada semua fihak yang telah memberi dukungan baik moril maupun materil atas terselenggaranya Pameran dan Workshop Origami ini hingga tuntas. Para supporter itu diantaranya Koran Pikiran Rakyat Bandung dan Peer Kecil yang telah mempromosikan acara ke khalayak masyarakat Bandung khususnya serta dimuatnya artikel berjudul “Lebih jauh tentang Origami” yang ditulis oleh salah satu pendiri sanggar origami Indonesia, Sanggar Putri yang telah mengerahkan seluruh member anak-anaknya menjadi pengunjung dan peserta Pameran dan workshop origami lalu, Gedung Dezon Bandung sebagai tempat penyelenggaraan acara hingga Pameran dan Workshop terasa berlangsung nyaman karena fasilitas gedung dan pelayanannya yang baik, Penerbit Syamil yang telah menyediakan 20 buah bingkisan berupa buku-buku berkualitasnya untuk para pemenang lomba, Perusahaan Kertas Origami Spektra Color yang telah menyediakan kertas Origami untuk terlaksananya dua sessi workshop Origami minggu 30 April 2006, Member milis origami Indonesia yang berdomisili di Bandung atas peran sertanya dalam penyelenggaraan acara, member milis origami Indonesia di yahoogroups umumnya atas dukungan doa serta perhatiannya dalam persiapan hingga acara selesai serta kawan-kawan kami yang telah memberikan dukungan khusus melalui media yang ada baik blog, telfon, website dan lain-lain.

Pameran

Pameran yang dimaksud adalah pameran model-model Origami yang telah sanggar origami persiapkan dalam waktu satu bulan sebelum Acara. Awalnya berharap Pameran ini dapat diikuti oleh member sanggar origami Indonesia yang tersebar di seluruh tanah air juga yang ada di luar negri, namun karena keterbatasan waktu dan sulitnya koordinasi (karena lokasi yang berjauhan) maka materi Pameran hanya hasil lipatan kertasku dan beberapa milik Wahyu (salah satu member Bandung).

Kedepannya semoga karya lipat dari member sanggar origami Indonesia dapat terkoordinir dengan baik sehingga Pameran yang dilaksanakan betul-betul menjadi ajang pameran bersama dan variasi model Origaminya menjadi lebih banyak pula.
Antusias pengunjung cukup baik dapat dilihat dari responnya ketika melihat tiap model origami yang dipamerkan. Mereka terlihat takjub tak mengira bahwa model-model origami itu ternyata banyak tidak hanya model Bola, Pesawat Terbang, Burung dan kodok lompat saja. Apalagi materi Pameran lalu lebih menitik beratkan pada model origami yang dekat dengan anak-anak dan masyarakat umum mungkin karena itulah mereka bisa menerima dan memberi respon positif.

Workshop

Workshop dilaksanakan pada hari kedua Acara. Peserta workshop ternyata kurang dari yang diperkirakan, ini gambaran bahwa origami di Bandung khususnya memang belum memasyarakat. Disamping itu Origami masih menjadi kebutuhan kelompok tertentu saja diantaranya para guru sekolah atau orang-orang yang dekat dunia anak. Hal ini terbukti ketika diadakan pelatihan Origami singkat untuk jadi asisten (di workshop) ternyata yang hadir malah melebihi kebutuhan! dimana kebutuhannya 10 dan yang hadir 42 orang! Padahal hanya diinformasikan kepada guru-guru TK se Bandung Timur saja. Suatu saat bilamana akan menyelenggarakan workshop sejenis lagi, kalangan guru dan orang-orang yang dekat dengan dunia anak dan atau anak-anak itu sendiri adalah prioritas utama untuk diundang jadi peserta.

Kelahiran Sanggar Origami Indonesia

Bersamaan dengan event pertamanya ini, sanggar origami bagai menemukan kembali jati diri.. Setelah setahun lebih hanya beraktifitas online di dunia cyber (dalam website beralamat http://sanggar-origami.com) , kini saatnya sanggar origami indonesia memasuki tatar dunia nyata untuk lebih mengembangkan lagi aktifitasnya. Belum dapat menentukan yang mana antara dua yang akan menjadi tanggal kelahiran sanggar origami indonesia nanti, apakah tanggal ketika penandatanganan akta yayasan origami indonesia ataukah tanggal yang menjadi pelaksanaan Pameran dan Workshop Origami hari pertamanya lalu. Yang terpenting kelahiran sanggar origami indonesia ditandai dengan tersusunnya visi dan misi sanggar.

Untuk foto-foto lebih lengkap ada di foldy, langsung sana ya..

May 5, 2006 - Posted by | Day by Day

2 Comments »

  1. selamat!
    *maaf, gak iso teko je…:)

    Comment by Dhika | May 5, 2006 | Reply

  2. makachii2

    Comment by mayaa | May 5, 2006 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: