Maya Hirai’s Page

lets fold!

Pengolahan Sampah di Rumah, Bandung vs Jepang

Masih.. masih Bandung masih eksis! belom.. belom terkubur waste dirinya sendiri..

Pengolahan Sampah di Rumahku
Rumahku ga ikut-ikutan buang sampah ke publik lo, mau tau gimana ‘rumah’ku mengelola sampah? sampah basah ta kubur dalam tanah karena rumah kami masih punya lahan untuk kuburan sampah. Lalu rencananya akan kutabur bakteri khusus untuk bantu proses Penguraian sampah tsb, tapi belom nemu dimana dapetnya, insyaAllah dapet deh udah mo nyampe ke sumber informasinya nih. Dan Sampah Plastik terpaksa lah selama ini ta bakar karena belom punya solusi laen.. ada yang punya solusi untuk sampah plastikku yang ga banyak ini??
Kebetulan Rt Rw dimana kutinggal ga pake pengelolaan sampah bersama! ga tau kenapa yang jelas ga ada iuran bulanan yang diminta Rt pada warganya juga ketika bayar listrik bulanan ibu rumah tangga ini boleh kipas-kipas bebas lolos dari tagihan iuran sampah kota yang punya stand tersendiri di tiap kantor PLN! untung-untung *sambil ngusap dada* kayaknya bakal eneq alias ga ridho juga kalo iuran sampah diminta terus tapi ngeliat kenyataan seperti akhir-akhir ini bahwa bukit-bukit sampah ada dimana-mana! mudah didapat! *kayak iklan suatu produk aja* Kenapa lolos dari tagihan di kantor PLN itu? asal bilang *Cimenyan lha ya* langsung penagih bilang “OOoo.. *sambil mempersilahkan pergi*.. ” Makanya kalo mau bebas iuran sampah sini-sini tinggal di Cimenyan Awiligar Bandung, deket-deket saya gitu🙂

Tempat Tinggalku
Rumah yang kami tempati berada di bukit tapi hanya 3 menit dari makam Pahlawan Cikutra Bandung, belom sampe Awiligar Atas.
Setelah ambil jalan Sedang-Serang dari Pahlawan itu, lalu 50 meter masuk Jalan Cukang Kawung deh, nanti ada turunan curam dan tanjakkan curam yang mesti dilalui, nah belokan ke Kanan Jl. Mars Dirgahayu ada di 200meter-an kemudian. Ada Gapura besar untuk jl. Mars Dirgahayu ini. Langsung kita dibawa menuju bukit tuh.. View Bandung lo dari situ. Nah mentok dirumah pemandangan kita langsung tertuju di Bukit sebrang tempat penyimpanan senjata api penting kompleks ABRI Bojong Koneng. Karena Bukit sebrang itu punya fungsi khusus jadi untuk sekian tahun aku yakin aman dari penggundulan, yang artinya Pagi di rumahku insyaAllah akan tetap berkabut, bisa melihat semburat fajar yang muncul malu-malu dibatas bukit yang kemudian hilang disambut mentari pagi. Siang harinya tetap akan sejuk begitu kendaraan masuk di jl Mars Dirgahayu.. Ceess.. Tapi begitu meninggalkan Jl. Mars Dirgahayu akan terasa mulai ‘angop’ alias ga Cess lagi.. Ga Percaya?? yuks mampir silaturahiim ke rumahku ^-^ *weks malah promosi* Jangan lupa nomernya 28 Rt 02 Rw 10, di Raya-nya lo ya!
Kalo Papan Nama Galery Sanggar Origami Indonesia dah dipasang tentu akan lebih mudah ditemukan insyaAllah, tapi sampe saat ini belom nih masih dalam taraf Renovasi.. ciee^-^

Tapi SSttt….. jangan bilang-bilang Dinas Kebersihan Ya.. bisa-bisa bukitku jadi Calon TPA ‘lain’ setelah bukit sebrang lainnya Cicabe-Pasir Impun yang aroma Licit-nya udah nyampe ke Bukitku!B-)

Pengolahan Sampah di Bandung
Mau tau bagaimana sebetulnya sampah Bandung dapat perlakuan? dan Gimana sih sebetulnya seluk beluk tektek-bengeknya ttg Sampah Bandung ini? silahkan untuk pengetahuan mampir sini
Inget ga Foto-foto dan postingan ttg sampah Bandungku dulu , Nah sekarang sejak 2-3 pekan laluan kondisi gunung-gunung itu 3x lipatnya Bo! Bayangin! Bener ga Boong! cuman masalahnya belom bisa dapet foto bukti aja, karena tiap kali keluar rumah itu Kamera selaluu lupa dibawa alias *ga niat* abis tiap keluar rumah urusan Origami ya ga inget lah sama Hunting Bandung Waste’s Pic hehe..

Depan BNI ITB, 3x lipatnya kini tapi tertata rapi dan PADAT!

Dibawah Jembatan Layang Kircon Januari lalu, dok.maya

Di Pasar Suci January lalu, sekarang 3xlipatnya lo! dok.maya

Para tukang sampah Local Area sekarang jadi pada rajin menata sampah disitu agar tampak tersusun rapih. Walau ketinggiannya tak sampe 4 meter tapi gunung tampak padat!! Dan karena memang “semakin menggunung” entah karena malu ato apaaa gitu ya sisi gunung sampah yang dekat dengan lalulalang orang ditutup pake spanduk bekas hehe… tapi Licit *si ekstrak sampah* tetep aja ga isa ditahan pake spanduk, dia tetep mengalir menggenangi ruas jalan! oya sampah juga turun ke Jalan lo bukan maya aja! Sampe-sampe hampir separuh jalan dileberi sampah yang ditutup spanduk itu!, biar tampak cantik kali ^-^ jadi sampah juga sudah pandai bikin macet sekarang… Kacian juga ya sampah dicaci terus padahal sampah juga manusia *kena korban lagu* hehe.. punya ‘prasaan’ gitu kalo marah bisa sampe nimbun manusia kan!?

Pengolahan Sampah di Jepang
Kenapa jadi nyinggung Jepang? tentu karena pernah tinggal disana dan menjadi warga yang ikut berinteraksi dengan ‘sampah’ sana.. sampah sana seringkali menguntungkan kok! hehe buat yang pernah tinggal di Jepang tentu *ngerti* arti kata-kataku ini.. dah ah yang *menguntungkannya* ga utk dishare sekarang^-^

Jepang adalah negara yang sangat mementingkan kebersihan. Kota-kotanya sudah tentu sangat bersih. Penduduknya pun memiliki kesadaran yang tinggi terhadap masalah kebersihan ini. Bagaimana orang Jepang memisahkan sampah dan manajemen pengumpulannya di kota?
Selengkapnya monggo langsung temukan disini untuk tulisan satu, tulisan kedua, ketiga dan keempatnya..

Gimana? tuntas ga baca postingan kali ini.. panjang banget simpangannya! ok maaf kalo kebanyakan. Semoga menimbulkan inspirasi untuk yang diam2 berkompeten di bidangnya dan bisa nyumbang ide untuk masalah sampah Bandung khususnya dan tanah air umumnya

Selanjutnya? terserah siapa? Cari Kambing Item or cari TPA Baru or Sistem Pengolahan Baru or gimana gitu loh?^-^

May 21, 2006 - Posted by | Day by Day

1 Comment »

  1. assalamu’alaykum wr wb,
    mba, infonya insyaAllah sangat berguna ^_^ makasih ya

    Comment by mela | June 3, 2006 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: