Maya Hirai’s Page

lets fold!

SOI on SuperCamp V RZI I

kehidupanBerawal dari pertemuanku dengan seorang karyawati Rumah Zakat Indonesia di MT Kamus Al-Huda Suka Rajin Bandung. Waktu itu Aku atas nama sanggar origami berkesempatan demonstrasi seni melipat kertas untuk sekitar 60 peserta yang hadir di MT Kamus al Huda. Terutama adalah pendekatan untuk para guru TK/TPA disekitar mesjid al Huda yang membutuhkan banyak variasi model origami sebagai bahan belajar-mengajar bersama anak didiknya di sekolah.

Saudariku itu kepada Sanggar Origami Indonesia (SOI) yang kukelola menyampaikan sebuah proposal tentang event yang akan diselenggarakan RZI. Selanjutnya acara itu kuketahui sebagai Super Camp V Rumah Zakat Indonesia dengan para peserta seluruh anak asuh dibawah Rumah Zakat Indonesia cabang Bandung.

Pelaksanaan acara tepat jatuh di tanggal 9 july 2006 lalu. Dengan total peserta diperkirakan 1250 orang anak. Namun kemudian menyusut menjadi 1150-an anak. Untuk peserta yang demikian banyaknya kuajukan 2 pelatihan pra event semacam TOT training of traineer I & II. TOT I ditujukan untuk asisten di TOT II yang peserta TOT II ini sebanyak 300-an orang.


TOT I
Akhirnya terlaksana juga walaupun peserta yang merupakan para
relawan RZI hanya terkumpul sekitar 12 orang. Ke-12 orang ini kelak
membantuku menjadi asisten di TOT II. Bertemu dengan para calon asistenku ini adalah menyenangkan, karena tentu saja kelak akan bahu-membahu menjadikan peserta TOT II dapat melipat dengan baik sebagai bekal di SuperCamp V dengan 1250 orang peserta dan anak-anak pula!.
Disamping berikut adalah peserta TOT I itu..


Materi yang diajarkan adalah model origami Pesawat, boneka jari, Gelas dan topi Samurai. Materi ini selanjutnya ditujukan untuk anak-anak usia SD. Disamping mudah dalam
tahap-tahap pembuatannya, hasil lipatannya bisa dimainkan dan dipertandingkan!. Sedangkan untuk anak-anak usia SMP dan SMA model origami yang kemudian disampaikan adalah Boks persegi panjang, Senjata Ninja, Amplop dan Crane.

TOT II
Sebelum Melipat, selayang pandang ttg Origami dulu..

Menurut daftar hadir, tampak peserta ini berjumlah 300-an lho

Dibantu Asisten di kiri dan di kanan

Tampak tekun dan interest..

lihatt!.. senengnya bisa bikin boneka jari!

Plakat setelah TOT dan tanda kerjasama RZI dg SOI untuk SuperCamp V 2006
Semoga liputan ini dapat mewakili liputan di pelaksanaan Supercamp V 2006-nya. Karena halangan kesehatan, kupercayakan sepenuhnya 3 sessi Melipat Kertas kepada para Traineer yang telah mengikuti TOT II sebelumnya untuk memandu acara di Supercamp V 2006.

July 11, 2006 - Posted by | Origami & Tutorial

1 Comment »

  1. Terima kasih mbak atas kontribusinya. Tetap Semangat Bahagiakan Ummat!!

    Comment by Febry | December 4, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: